Budidaya Rumput Laut Gracillaria di Takalar dan Bone

Budidaya rumput laut merupakan salah satu komoditas utama di sulawesi selatan, setiap tahunnya permintaan akan rumput laut semakin meningkat terutama dengan semakin beragamnya pemanfaatan rumput laut diberbagai industri baik pangan, kosmetik dan industri lainnya. Rumput laut gracillaria merupakan salah satu jenis rumput laut yang saat ini banyak dibudidayakan ditambak terutama di daerah takalar dan bone tepatnya di Kec. Mappakasunggu kab. Takalar dan kec. Cenrana Kab. Bone. Hal ini diindikasi karena semakin meningkatnya kegagalan budidaya udang ditambak akibat serangan virus sehingga banyak petambak yang kemudian mengalih fungsikan tambak mereka menjadi tempat budidaya untuk rumput laut gracillaria. Selain hal tersebut, petambak juga menilai gracillaria merupakan komoditas yang hanya membutuhkan waktu yang relatif singkat untuk di panen yaitu sekitar 45 hari dengan biaya investasi yang cukup rendah jika dibandingkan dengan udang.

Tambak Budidaya rumput laut gracillria di Takalar

Gambar 2. Tambak Budidaya rumput laut gracillria di Bone

Budidaya rumput laut gracillaria di mappakasunggu dan cenrana secara umum sama yaitu di budidayakan dengan sistem polikultur bersama ikan bandeng dan udang dengan penebaran bibit awal 1-2 ton/ha. Persiapan tambak dan pengolahan dasar tambak belum dilakukan secara maksimal akibat kendala tata ruang tambak dan topografi yang tidak memungkinkan dilakukannya pengeringan sehingga diperlukan menunggu periode tertentu sampai air berada pada surut terendah sehingga dapat mempercepat dan memaksimalkan proses pengeringan tambak. Pemberatasan hama dilakukan dengan penggunaan saponin dan pemupukan dilakukan dengan pupuk urea, SP36 dan poska. Panen dilakukan pada saat pagi dan sore hari dengan proses pengeringan menggnakan waring hitam dan  mengandalkan matahari.

Ditinjau dari kondisi kualitas air terdapat perbedaan salinitas pada kedua ditempat terutama di kec. cenrana Kab. Bone dengan salinitas yang hanya berkisar 0-10 ppt dan di Kec. mappakasungu kab. Takalar salinitas berkisar 15-25 ppt sedangkan kisaran salinitas untuk rumput laut  gracillaria berkisar 12-25 ppt. Hal ini menjadi salah satu faktor yang membuat kondisi kualitas rumput laut gracillaria di mappakasunggu kab. Takalar lebih bagus dari rumput laut gracillaria di cenrana Kab. Bone. Kualitas rumput laut secara morfologi dapat diamati terutama pada saat observasi di lapangan dengan melihat penampakan batang dan thallus gracillaria dimana ukuran batang dan thallusnya lebih besar dan panjang pada gracillaria di Kec. mappaksunggu Kab. takalar dan kecil-kecil serta pendek pada gracillaria di kec. cenrana kab. Bone. Parameter lain yang dapat menjadi patokan untuk mengetahui kualiatas rumput laut dengan melakukan analisis kadar yield dan yield strength di laboratorium sehingga dapat dijadikan acuan untuk evaluasi dalam budidaya rumput laut.

Gambar 3. Rumput laut Gracilaria Kec. Cenrana Kab. Bone

Gambar 2. Rumput laut Gracillaria di Kec. Mappaksunggu Kab. Takalar

Kondisi kualitas air dengan salinitas terlalu rendah akan menyebabkan penurunan kualitas rumput laut akibat penggunaan energi rumput laut akan difokuskan untuk beradaptasi terhadap lingkungan yang tidak sesuai sehingga pertumbuhan rumput laut menjadi lambat karena kurangnya ketersediaan energi yang dapat digunakan untuk pertumbuhan. Sehingga untuk dapat meningkatkan pertumbuhan rumput laut selain dibutuhkan nutrient juga perlunya kondisi kualitas air yang optimal sehingga energi yang didapatkan dari hasil fotosintesis dapat digunakan untuk pertumbuhan rumput laut gracillaria.

Disisi ekonomi harga rumput lut garcillaria di Takalar dan bone berkisar Rp. 5.200-5.60 hal ini berdasarkan hasil survei harga bulan november 2017. Namun, meskipun harga rumput laut gracillria cenderung meningkat tetapi harga rumput laut cenderung fluktuatif sehingga diperlukan inovasi mulai dari peningkatan produksi dengan perbaikan sistem dan metode budidaya serta penerapan teknologi tepat guna juga diperlukan peningkatan brand image dari rumput laut gracillaria sehingga dapat menjadi barang ekonomis tinggi dengan berbagai varian produk yang dapat dikelola baik secara skala rumah tangga maupun industri.sehingga dapat meningatkan nilai jual dari rumput laut itu sendiri.

Amriana 

No Response

Leave a reply "Budidaya Rumput Laut Gracillaria di Takalar dan Bone"

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.